Jumat, 10 Februari 2017

Plitvice Lake Surga di Kroasia

Danau Plitvice adalah satu diantara Situs Warisan Dunia UNESCO di Kroasia sebagai sisi dari Nacionalni Park Plitvicka Jezera atau dalam bhs Indonesia Taman Nasional Danau Plitvice. Menurut Wikipedia tempat ini yaitu taman nasional tertua di Eropa Tenggara serta taman nasional paling besar di Kroasia. 



Plitvice populer lantaran panorama danau jernih serta indah sewarna batu turqoise (pirus) yang dialiri rangkaian air terjun kecil. Bila diliat dari permukaan sesungguhnya danaunya sendiri terbagi dalam 16 buah danau yang terlihat menyatu. Danau-danau itu adalah pertemuan sebagian sungai kecil dan sungai-sungai bawah tanah. Keenambelas danau itu dipisahkan oleh sejenis bendungan yang terbentuk dengan cara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, serta bakteri. 

Taman nasional ini didirikan pada th. 1949 serta terdapat di pegunungan karst yang menandai perbatasan Kroasia serta Bosnia-Herzegovina. Daerah di sekitaran Plitvice digunakan sebagai lokasi lindung yang terbentang seluas 73. 350 hektar). Di dalamnya hidup beruang, serigala, rusa, babi rimba, kelinci, ubah serta luak. Ada kian lebih 120 spesies burung yang juga menggantungkan keberlangsungan hidup pada ekosistem Taman Nasional Danau Plitvice. Oleh karena itu pemerintah memberlakukan ketentuan ketat untuk beberapa pengunjung tidak untuk buang sampah, mengambil serta mengakibatkan kerusakan website taman nasional. 



Daerah sekitaran taman nasional itu saat ini berkembang jadi lokasi pariwisata. Ada beberapa ratus hotel yang siap menyimpan beberapa wisatawan lokal ataupun asing. Namun lokasi taman nasional dimana danau Plitvice ada sendiri masihlah dilewatkan dalam keadaan aslinya. Walau infrastruktur dibagian dalam taman tidaklah terlalu mencukupi (mengingat pemerintah berupaya melindungi keaslian website), namun tempat ini sukses menarik 1. 200. 000 wisatawan tiap-tiap tahunnya. Taman nasional yang peroleh gelarnya sebagai Website Warisan Dunia pada th. 1979 ini bahkan juga populer di semua dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar