Jumat, 10 Februari 2017

Gurun di Indonesia, Gumuk Parangkusumo

Gumuk Pasir atau juga dikenal dengan Padang Pasir Parangkusumo di Bantul, adalah satu diantara tempat wisata favorite di Yogyakarta yang dimaksud serupa dengan Gurun Sahara di Afrika. 


Gumuk dalam bhs Jawa adalah gundukan atau tumpukan. Jadi Gumuk Pasir di sini ditujukan dengan tumpukan atau gundukan pasir. Sepintas lihat, Anda memanglah akan tidak menganggap bila tengah ada di Yogyakarta. 

Gumuk Parangkusumo terwujud lantaran fenomena alam yang terbentuk oleh endapan pasir yang berasal bermaterial vulkanik Gunung Merapi. Pasir yang ada terbawa arus sungai sampai ke muara, lantas terhantam ombak samudera serta jadi gurun pasir. 

Banyak wisatawan lokal ataupun domestik yang datang serta di buat mengagumi akan bakal keindahan Gumuk Parangkusumo. Bahkan juga banyak yang mengakui bila gurun pasir itu tampak serupa dengan Gurun Sahara di Afrika sana. 


Terkecuali bisa berfoto ala gurun, Anda dapat juga menaiki kuda yang disewakan oleh masyarakat sekitaran untuk menglilingi Gumuk Parangkusumo. Namun pastinya Anda akan tidak temukan unta disini, terkecuali Anda ingin bawa sendiri ya. 

Sedang untuk yang suka berolahraga berlebihan, Gumuk Parangkusumo bida dipakai untuk coba berolahraga sandboarding. Dengan cara tehnis, sandboarding tak jauh tidak sama dengan surfing biasanya, cuma saja dikerjakan diatas pasir dengan alat pengaman seperti helm serta pelindung lutut. 

Bila ingin coba sandboarding, biayanya yaitu Rp 200 ribu per orang, dengan jumlah minimum enam orang. Harga telah meliputi alat pelindung, dengan durasi lama permainan sekitaran dua jam. 

Bila menginginkan rasakan situasi seperti Gurun Sahara, mampirlah ke Gumuk Parangkusumo yang terdapat bersebelahan dengan Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Harga ticket masuk Gumuk Parangkusumo yaitu Rp 3 ribu, serta belum termasuk juga parkir kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar