Sabtu, 04 Maret 2017

Manfaat Buah Naga

1). Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia saat ini. Kenyataan bahwa penyakit kanker belum ada cara penyembuhannya, membuat banyak orang sangat berhati-hati dan menjaga kesehatannya untuk tidak terkena kanker. Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga mengandung antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya. Senyawa ini mampu meningkatkan pembentukan radikal bebas karsinogenik yang mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Selain itu buah naga juga mengefektifkan kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk juga racun-racun yang memicu kanker.

2). Mendukung Program Diet

Buah naga merupakan buah yang tinggi protein, namun rendah lemak dan karbohidrat. Sehingga buah naga menjadi buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada buah naga pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan.

3). Mencegah Diabetes Melitus (DM)

Diabetes Melitus (DM) juga merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang manusia saat ini, karena pola hidup yang tidak sehat. Faktanya, buah naga dapat mencegah penyakit ini menjangkiti manusia. Buah naga mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup tidak sehat yang dilakukan manusia. Sehingga penyakit DM pun dapat dicegah.

4). Membantu Penyembuhan Batuk dan Asma

Batuk memang terlihat sepele bagi sebagian orang, namun bagi sebagian orang batuk dapat menyebabkan sesak nafas yang sangat berat. Khususnya bagi para penderita asma. Ternyata buah naga dapat membantu penyembuhan batuk dan asma yang sering mengganggu pernafasan dengan meringankan efek dari batuk dan asma tersebut. Oleh karena itu, penderita asma sangat disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

5). Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

Buah naga memiliki kandungan mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan ini membuat buah naga menjadi makanan yang menjadi sumber baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tulang untuk dapat tetap sehat dan kuat.

6). Menurunkan Jumlah Kolesterol

Buah naga sangatlah ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh karena mengandung vitamin B3 yang sangat tinggi. Sehingga penderita kolesterol tinggi sangatlah disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

7). Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)

Sel darah merah (hemoglobin) sangatlah dibutuhkan dalam tubuh. Pembentukannya dapat dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi. Sehingga konsumsi buah naga dapat membantu pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh.

8). Bermanfaat untuk Kesehatan Usus

Saat mengonsumsi banyak makanan, kerja usus pun akan semakin berat. Untuk meringankan kerja usus, dibutuhkan bantuan serat. Serat yang tinggi bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah naga. Oleh karena itu, buah naga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

9). Mencegah Serangan Jantung

Kandungan serat dalam buah naga dapat membantu mencegah inflamasi dan juga menurunkan tekanan darah. Sehingga resiko serangan jantung pada manusia yang mengonsumsi buah naga sangatlah kecil.

10). Membantu Pembentukan Trombin dan Protrombin

Buah naga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat tinggi. Fosfor dan kalsium ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam tubuh manusia. Salah satunya manfaatnya adalah sebagai katalisator untuk membantu pembentukan thrombin dan protombin dalam darah.

11). Membantu Pembentukan Otot

Protein pada buah naga sangat bermanfaat untuk membantu pembentukan otot bagi anda, khususnya pria yang suka berolahraga. Dibandingkan meminum minuman perangsang pembentukan protein, lebih baik anda mengonsumsi buah naga yang lebih aman untuk membantu pembentukan otot anda.

12). Menetralkan Tubuh dari Racun yang Masuk

Satu lagi manfaat dari protein dalam buah naga adalah menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah naga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun.

13). Menjadi Penambah Tenaga

Buah naga memiliki kandungan vitamin B1 atau thiamine yang cukup banyak. Vitamin ini sangatlah bermanfaat untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga orang-orang yang mengonsumsi buah naga akan memiliki energi atau tenaga yang lebih banyak.

14). Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini merupakan efek dari polusi udara yang terpapar pada kulit anda sehari-hari. Untuk mengatasi polusi udara yang kita hadapi konsumsilah makanan berantioksidan tinggi. Buah naga merupakan buah dengan antioksidan yang tinggi dan tentunya dapat mencegah penuaan dini.

15). Bermanfaat untuk Memperpanjang Usia

Buah naga mengandung serat yang sangat tinggi dan tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi makanan mengandung serat secara rutin dapat memiliki umur panjang lebih 9 tahun dari orang lainnya.

16). Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sekali lagi antioksidan dalam buah naga sangatlah tinggi manfaatnya. Salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga konsumsi buah naga dapat mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh anda.

17). Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyumbatan arteri. Fungsi buah naga salah satunya adalah untuk melancarkan aliran darah sehingga tekanan diri pun dapat dicegah. Oleh karena itu, para penderita penyakit darah tinggi disarankan untuk mengonsumsi buah ini.

18). Bermanfaat untuk Mencegah Kelumpuhan Otot

Otot pada tubuh manusia sangat dipengaruhi kerjanya oleh protein. Sehingga untuk menjaga otot tetap sehat dan tidak terjadi kelumpuhan, dibutuhkan makanan dengan kandungan protein yang cukup. Buah naga dapat bermanfaat untuk mencegah kelumpuhan otot dengan kandungan protein.

19). Menjaga Kesehatan Gigi

Kesehatan gigi bisa didapatkan dengan kecukupan kalsium dan zat besi dalam tubuh. Buah naga memiliki kandungan kalsium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga untuk mendapatkan dan menjaga kesehatan gigi anda.

20). Menghilangkan Jerawat

Salah satu kandungan buah naga yang paling dominan adalah vitamin. Vitamin tersebut bermanfaat untuk kesehatan kulit. Salah satunya untuk menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Sehingga bagi anda yang memiliki masalah jerawat, silahkan gunakan masker dari buah naga untuk menghilangkan jerawat.

21). Membantu Pencernaan Bayi

Buah naga sangat bermanfaat bagi manusia untuk setiap umur. Bahkan bagi bayi, buah naga dapat membantu proses pencernaan. Bayi seringkali mengalami masalah pencernaan. Jadi saat ini anda dapat mudah mengatasinya dengan menggunakan buah naga.

22). Bermanfaat untuk Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit membutuhkan vitamin yang tinggi sebagai nutrisi dan makanan untuk membuatnya tetap sehat dan tidak kering. Buah naga memiliki vitamin yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi kulit. Selain itu buah naga juga dilengkapi antioksidan, sehingga konsumsi buah naga sangatlah bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit.

23). Menjaga Kesehatan dan Membantu Kerja Syaraf

Fosfor dan kalsium pada buah naga berfungsi untuk membantu kerja syaraf. Khususnya pada sistem syaraf, dimana konsumsi buah naga dapat membuat fosfor dan kalsium sebagai transimi syaraf. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga untuk menjaga kesehatam dan membantu kerja syaraf.

24). Mencegah Peradangan

Peradangan dapat terjadi di beberapa organ tubuh. Kandungan vitamin, serat, dan mineral pada buah naga dapat mencegah peradangan tersebut terjadi. Sehingga konsumsilah buah naga untuk menghadapi peradangan.

25). Membantu Mengobati Sakit Tenggorokan

Vitamin C pada buah naga sangatlah bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati sakit pada tenggorokkan anda. Konsumsilah buah naga secara berkala, untuk mengembalikan kondisi kesehatan tenggorokkan anda.

26). Mengobati Sariawan

Satu lagi manfaat vitamin C pada buah naga. Tentu sudah banyak dari kita yang mengetahui bahwa sariawan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Sehingga konsumsi buah naga dapat menghilangkan sariawan pada mulut anda.

27). Bermanfaat untuk Ibu Menyusui

Buah naga ternyata mampu meningkatkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Sehingga ibu menyusui akan mendapatkan manfaat jika mengonsumsi buah naga.

28). Mengurangi Kram pada Tubuh

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan zat-zat mineral berikut ini sangat bermanfaat untuk mengurangi kram pada tubuh anda. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga jika anda sering mengalami kram kram.

29). Menjadi Pewarna Makanan Alami

Buah naga yang berwarna merah mengandung senyawa betalain. Senyawa tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi pewarna alami untuk makanan. Warnanya lebih indah dari pewarna buatan dan tentunya lebih aman digunakan.

30). Meningkatkan Nafsu Makan

Anak-anak yang sulit makan, sering menjadi pikiran orang tua. Berikan buah naga pada anak-anak untuk meningkatkan nafsu makannya. Buah naga mampu memberikan asupan vitamin B2 dan B1 yang akan merangsang anak-anak untuk makan lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar